Selasa, 30 Oktober 2012

Sumber Daya Manusia


Keberadaan tenaga kerja sebagai salah satu faktor produksi sangat penting artinya bagi organisasi yaitu SDM, yang dapat dikatakan sebagai manusia yang bekerja di lingkungan suatu organisasi sebagai penggerak organisasi dalam mewujudkan eksistensinya, atau potensi yang merupakan asset & berfungsi sebagai modaln on-material dalam organisasi bisnis, yang dapat diwujudkan menjadi potensi nyata secara fisik dan non-fisik dalam mewujudkan eksistensi organisasi (Nawawi,2000).  Sumber daya manusia (SDM) merupakan potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai mahluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan.

Peranan karyawan bagi sebuah perusahan berupa keterlibatan mereka dalam sebuah perencanaan, sistem, proses dan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia, bukan mesin dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis. MSDM dapat diartikan sebagai kegiatan perencanaan, pengadaan, pengembangan, pemeliharaan dan penggunaan SDM dalam upaya mencapai tujuan individual maupun organisasional.
Melakukan Persiapan Dan Seleksi Tenaga Kerja / Preparation And Selection
1. Persiapan
Dalam proses persiapan dilakukan perencanaan kebutuhan akan sumber daya manusia dengan menentukan berbagai pekerjaan yang mungkin timbul. Yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan perkiraan/ forecast akan pekerjaan yang lowong, jumlahnya, waktu dan sebagainya. Ada dua faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan persiapan, yaitu faktor internal seperti jumlah kebutuhan karyawan baru, struktur organisasi, departemen yang ada, dan lain-lain. Faktor eksternal seperti hukum ketenaga kerjaan kondisi pasar tenaga kerja dan sebagainya.
2. Rekrutmen tenaga kerja & Seleksi
Rekrutmen adalah suatu proses untuk mencari calon atau kandidat pegawai, karyawan, buruh, manajer, atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan sdm oraganisasi atau perusahaan. Dalam tahapan ini diperluka analisis jabatan yang ada untuk membuat deskripsi pekerjaan / job description dan juga spesifikasi pekerjaan / job specification.  Rekrutmen sendiri terbagi atas dua bagian, yaitu :
·         Rekrutmen Internal, proses untuk mendapatkan tenaga kerja atau SDM yang dibutuhkan  dengan mempertimbangkan tenaga kerja yang sudah ada atau yang sudah dimiliki oleh perusahaan.
·         Rekrutmen Eksternal, perusahaan mendapatkan tenaga kerja atau SDM yang akan ditempatkan pada suatu jabatan tertentu dengan memperolehnya dari luar perusahaan, atau seringkali dinamakan sebagai outsourcing. Pada penyeleksian tenaga kerja, ada tiga tahapan yang perlu diperhatikan setiap perusahaan ataupun wirausaha yang ingin memperkerjakan tenaga baru sehingga kriteria yang diinginkan terpenuhi.
Tiga tahapan tersebut adalah :
·         seleksi administrasi, dimana pada tahap ini perusahaan akan menyeleksi dari CV, apakah pelamar memenuhi syarat dari segi pendidikan, jurusan, jenjang, jenis kelamin, dan batas usia yang dicari oleh perusahaan atau wirausaha.
·         seleksi kualifikasi, merupakan penyeleksian yang biasanya dilakukan dengan cara mengadakan tes pengetahuan umum ataupun psikologi pada pelamar
·         seleksi sikap dan perilaku, merupakan penyeleksian yang terakhir dimana pada tahap ini hanya interview atau wawancara kepada pelamar yang sudah lulus untuk tahap 1 dan 2. Biasanya seleksi ini dilakukan langsung oleh bagian HRD perusahaan tersebut. Melalui seleksi ini, HRD dapat menilai langsung sikap dan perilaku calon pegawai dari setiap jawaban yang mereka berikan.
3. Pelatihan, Pengembangan, dan penilaian prestasi
·         Pengembangan dan evaluasi karyawan / Development and evaluation
Tenaga kerja yang bekerja pada organisasi atau perusahaan harus menguasai pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Untuk itu diperlukan suatu pembekalan agar tenaga kerja yang ada dapat lebih menguasai dan ahli di bidangnya masing-masing serta meningkatkan kinerja yang ada. Dengan begitu proses pengembangan dan evaluasi karyawan menjadi sangat penting mulai dari karyawan pada tingkat rendah maupun yang tinggi.
·         Memberikan kompensasi dan proteksi pada pegawai / Compensation and protection
Kompensasi adalah imbalan atas kontribusi kerja pegawai secara teratur dari organisasi atau perusahaan. Kompensasi yang tepat sangat penting dan disesuaikan dengan kondisi pasar tenaga kerja yang ada pada lingkungan eksternal. Kompensasi yang tidak sesuai dengan kondisi yang ada dapat menyebabkan masalah ketenaga kerjaan di kemudian hari atau pun dapat menimbulkan kerugian pada organisasi atau perusahaan. Proteksi juga perlu diberikan kepada pekerja agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan tenang sehingga kinerja dan kontribusi perkerja tersebut dapat tetap maksimal dari waktu ke waktu.
4. Jenjang karir
Jenjang karir merupakan tahapan kenaikan jabatan dalam suatu pekerjaan. Hal ini merupakan aspek yang penting bagi para karyawan yang bekerja dalam suatu perusahaan untuk memotifasi karyawan dalam meningkatkan kinerja mereka. Dalam hal ini perusahaan yang profesional akan menetapkan jenjang karir yang pasti bagi para karyawannya.

Sumber          :

3 komentar:

  1. When asked why they joined the team, Kylie answers that her Dad had been a mechanic, and she wanted to learn more about what he fitflop sale did. Christi is concerned about the future and long term solutions; she also wants to learn practical skills. Zach wants real world engineering experience. Brennan wants to learn practical skills and become an electrical engineer. One student wants to learn how much they fitflops on sale can do with their limited resources. There’s a theme here: these kids want to learn!So, together, they come up with a design, led by their captains, and focus the design on a few core conceptsSmall & lightweight Safe Energy efficiency to go the fitflop arena black distance So, this race isn’t about speed. And these kids aren’t about winning, not in the “fastest to the finish line” sense. It’s about learning, the journey, the experience and going the distance. COMPLETING the race. I’d say they are inspired.
    One neighbor fitflops.com said he was talking to West on Saturday morning, who said he was cleaning out the garage. The neighbor said just two hours later he looks outside and saw police vehicles all over the street. The local police have found this case “emotionally fitflop sandals draining,” as this is a morbid tragedy and a crime you don’t come across often. Police Capt. Michael Roberts reports that the officers “got more and more shocked with each box they opened.”One of the things that separates a charter school from a fitflop slippers sale for profit corporation is that there is no mission of creating shareholder value or attaining profitability. The mission is "pure." Because of this, it's easy for schools to create pie in the sky vision and mission statements that may never be achieved.
    Women fitflops clearance make up the majority of dollars spent each year on cosmetic surgery and beauty enhancement products. Shoe companies took note and decided to infiltrate the footwear scene with shoes promising not only to be fashionable but also to make the body look better.Over fitflop lulu silky the past few years we’ve seen the introduction of Reebok’s EasyTone, LA Gear Walk N Tone, FitFlops, and Skechers Shape-Ups. All promise fitflop slippers outlet some benefits equivalent of going to the gym and hitting the treadmill.That’s a lot to deliver. The sad truth is that while these pricey shoes do provide the comfort and support recommended for walking, they’re not delivering on the main reason women are flocking to buy the shoes.
    Though their website offers nothing but five-star raving reviews the Net seems less enthused. Complaints about an uncomfortable fit, being mens fitflops too pricey and utter disappointment about the overall effect on muscles are rampant. One buyer comments,

    BalasHapus
  2. “There was a very strong and immediate reaction in the stock prices of the design firms and also the retailers,” Yermack says. For major appearances, this could run Longchamp Sale into the tens of millions of dollars: “That’s happened many times with her.”And the public, Yermack says, remembers what Mrs. Obama wears.“Do you remember what michael kors bags Pat Nixon or Laura Bush wore? She has the ability to hold the interest of the consumer in a way that almost no one else michael kors does. I’ve looked far and wide — Kate Middleton, Carla Bruni. Nobody begins to approach Mrs. Obama on this.”Yermack thinks what’s different about Mrs. Obama Longchamp Outlet is that first ladies “have traditionally tried to be nondescript in the way they dressed — they didn’t want to overshadow their spouses … or michael kors outlet be seen as spending a lot on clothing. But she had no inhibitions in that sense.“She really had an impact on how professional women dressed, Coach Outlet and how you could have fun with fashion, in a way that you couldn’t imagine Rosalynn Carter or Barbara Bush ever doing,” he says. “It’s michael kors outlet online a very short list of first ladies who are going to leave that kind of legacy.”
    Winter is on its way, and model Gigi Hadid Michael Kors Outlet Online has proven herself as the trendsetter to watch this cold season. But her stylish winter wear is hardly run-of-the-mill. Hadid’s accessory du jour? Sunglasses.Recently,

    BalasHapus